Sabtu, 18 Maret 2017

Pidato Persiapan Menghadapi Ujian Nasional

Persiapan Menghadapi Ujian Nasional

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua

Pertama – tama marilah kita sampaikan rasa puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang senantiasa memberikan hidayah dan nikmat-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul dengan keadaan sehat walafiat. Tak lupa marilah kita hadiahkan shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW.

Yang saya hormati, Bapak Bidang Study dan teman teman yang saya banggakan.

Pada kesempatan ini, saya akan berpidato dengan tema “Persiapan Menjelang Ujian Nasional 2017”

Teman teman seperjuangan,

Saya mengambil tema ini karena tidak lama lagi kita akan menghadapi ujian nasional. Mengingat banyaknya siswa yang stres dan ada juga beberapa siswa yang terlalu santai dan bersikap acuh tak acuh dalam menghadapi ujian nasional.

Untuk beberapa bulan ini kita akan disibukkan dengan ujian-ujian sekolah, ujian praktek, dan persiapan menuju ujian nasional.  Apa kalian tidak merasa takut? Saya sendiri merasakan hal tersebut, apalagi diinformasikan bahwa tahun ini akan diadakan UNBK ( Ujian Nasional Berbasis Komputer), tidak sedikit kemungkinan bahwa sekolah kita juga akan ujian dengan cara tersebut.

Ujian Nasional adalah ujian yang sangat menentukan siswa untuk lulus dan melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.  Jika tidak memiliki persiapan untuk menghadapinya, maka kemungkinan besar kita akan gagal mencapai keberhasilan dan hasil yang didapat tidak sesuai dengan yang diinginkan.
Lantas, bagaimana cara tepat untuk mencapai apa yang kita inginkan? Saya akan memberitahu beberapa tips dan kiat suskes menghadapi ujian nasional. Menurut berbagai pendapat, hal pertama yang harus kita persiapkan adalah mental. Karena jika mental kita lemah, suatu tantangan apapun tidak bisa dihadapi walaupun itu mudah. Maka kita harus memiliki dan mempersiapkan mental untuk menghadapi ujian nasional.

Hal kedua yang perlu dipersiapkan adalah kemampuan. Saat ini dan disinilah kita bisa melatih kemampuan dengan giat dan rajin serta terus berusaha. Kita bisa melatih kemampuan dengan banyak cara seperti membaca dan mengerjakan soal, jika sering mengerjalan soal maka kita akan terbiasa dan terlatih, sehingga tidak grogi dalam mengerjakan soal ujian nasional. Selanjutnya adalah  belajar kelompok dengan teman sekolah atau teman di bimbingan belajar, dengan belajar kelompok kita bisa mengembangkan pengetahuan dan bertukar pikiran dengan teman.

Hal ketiga menurut saya adalah memanfaatkan waktu. Karena apabila kita dapat mengatur dan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, maka kita akan menjadikan diri kita disiplin dan dapat membagi waktu untuk belajar disekolah, belajar di rumah, belajar di bimbingan, dan waktu istirahat.
Yang terakhir adalah beribadah dan berdoa kepada Allah SWT. Jauhkanlah diri kita dari sifat sombong dan beranggapan bahwa keberhasilan kita semata-mata usaha dan kerja keras kita sendiri. Karena sesungguhnya usaha kita tak berarti apa apa tanpa bantuan dan lindungan Allah SWT.

Dari beberapa hal yang saya sampaikan dapat disimpulkan bahwa Ujian Nasional dapat kita hadapi dan lalui asalkan kita memiliki persiapan, usaha, dan selalu mengingat Allah SWT. dalam setiap langkah yang kita jalani. Alangkah baiknya kita menjauhkan sifat malas, bosan, ataupun lelah dalam diri kita masing-masing. Insya Allah pada akhirnya nanti kita mendapatkan hasil yang memuaskan dan bangga atas segala usaha yang telah kita lakukan. Sebelum mengakhiri pidato ini, saya ingin mengucapkan “Selamat berjuang, terus semangat, dan tetap berusaha. Semoga kita semua dapat lulus dengan hasil yang memuaskan, dan semoga sukses untuk kedepannya”

Demikian pidato ini saya sampaikan, mudah-mudahan membawa manfaat, dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam bertutur kata. Saya akhiri, Wabilahi taufik walhidayah.


Assalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar